Wednesday, October 5, 2011

M SDM

HARI/TGL        : SELASA/04 OKTOBER 2011
DOSEN             : ADRI YEDI, SE
PERTEMUAN  : II


Manajemen Sumber Daya Alam 1


Persamaan dan perbedaan manajemen sumberdaya manusia dengan manajemen personalia antara lain:
  1. Manajemen SDM lebih mengkaji secara makro sedangakan Manajemen personalian secara mikro terhadap sumberdaya manusia
  2. MSDM menganggap karyawan sebagai asset perusahaan sedangkan Manajemen personalia karyawan sebagai factor produksi.
  3. MSDM pendekatan secara modern, manajemen personalia secara pendekatan klasik

Defenisi MSDM
Adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar lebih aktif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. (Drs. Melayu Hsb)

Edwin B Flippo
MSDM adalah ; perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompenasai, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan, dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu dan masyarakat.

Komponen Sumberdaya Manusia
  1. Pengusaha ; adalah setiap orang yang menginvestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada lab yang dicapai perusahaan tersebut.
  2. Karyawan ; merupakan kekayaan utama suatu perusahaan, karena tampa keikutsertaan karyawan aktifitas perusahaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Karyawan adalah penjual jasa (pikiran dan tenaganya) dan mendapat kompensasi yang besarnya telah ditetapkan  terlebih dahulu.
  3. Pimpinan ; seseorang yang mempergunakan wewenang  dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggungjawab atas pekerjaan orang tersebut dlm mencapai suatu tujuan.


Peranan MSDM
  1. Menetapkan jumlah kualitas, dan penempatan tenaga kerja
  2. Menetapkan panarikan, seleksi
  3. Menetapkan program kesejahteraan, pengembangan, promosi dan pemberhentian
  4. Meramalkan penawaran dan permintaan sumber daya manusia pada masa yang akan dating
  5. Memperkirakan keadaan perekonomian pada umumnya dan perkembangan perusahaan pada khususnya.

Perkembangan MSDM
Perkembangan MSDM didorong oleh kemajuan peradaban, pendidikan, ilmu pengetahuan dan tuntutan daya saing produksi barang dan jassa yang dihasilkan.

Metode Pendekatan MSDM
  1. Pendekatan mekanis ; adalah mengganti peranan tenaga kerja manusia dengan tenaga kerja mesin untuk melakukan pekerjaan penggantian didsarkan pada pertimbangan ekonomis, kemanusian, efektifitas, dan kemapuan yang lebih besar dan lebih baik.
  2. Pendekatan Paternalis; adalah pimpinan mengarahkan bawahannya bertidak seperti anak kepada bapaknya, para bawahan diperlakukan secara baik, bijaksana dan terarah.
  3. Pendekatan sistim sosial; adalah memandang bahwa organisasi/ perusahaan adalah suatu sistim yang kompleks sehingga perlu membina hubungan kerja sama harmonis  untuk mencapai tujuan yang baik.

Referensi :

No comments:

Post a Comment