Thursday, March 24, 2011

DEFINISI KOPERASI MENURUT BEBERAPA AHLI BAGIAN II

21.             KOPERASI MENURUT PROF. RJ. SOERIA MADYA
Koperasi adalah suatu kumpulan dari orang yang atas dasar persamaan derajat sebagai manuasia dengan tidak mamandang haluan – haluan agama dan politik secara suka rela masuk untuk sekedar memenuhi kebutuhan bersama yang bersifat kekeluargaan.

22.             KOPERASI MENURUT F.W RAIFFEISEN
Pia adalah penganut ajaran katholik yang taat dan setia pada segi perikemanusian dan karena itu kemelaratan petani di daerah banyak menekan perasasaan, maka ia mendirikan koperasi yang didefenisikan “satu untuk semua, semua untuk satu.

23.             KOPERASI MENURUT CHARLES POURIER
Koperasi adalah usaha bersama untuk membela kepentingan umum yang perekonomiannya lemah dan memajukan ekonomi kaum buruh dan majikan.

24.             KOPERASI MENURUT SUDARSONO
Koperasi adalah Organisasi yang aktifitasnya dari, oleh dan untuk rakyat dalam lingkup yang terbatas, koperasi didefenisikan sebagai organisasi dari, oleh dan untuk anggota.


25.             KOPERASI MENURUT Ir. MOHAMMAD IQBAL
Koperasi adalah Asosiasi dari orang – orang yang mempunyai satu kebutuhan yang sama, dan untuk mewujudkan kebutuhan itu didirikan suatu perusahaan yang dikontrol secara demokratis oleh anggotanya.

26.             KOPERASI MENURUT RUDOLFT L.T
Koperasi adalah perkumpulan otonom dari orang – orang yang bersatu secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi, sosial dan budaya bersama melalui perusahaan yang dimiliki bersama dan dikendalikan secara demokratis.

27.             KOPERASI MENURUT KUMPULAN ALIANSI KOPERASI INTERNASIONAL
Koperasi adalah perkumpulan dari orang – orang yang bersatu secara sukarela

28.             KOPERASI MENURUT BUKU WIKIPEDIA INDONESIA HAL. 6
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang – orang atau badan hukum koperasi dengan berlandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan azas kekeluargaan.

29.             KOPERASI MENURUT INTERNATIONAL COOPERATIF ALIANCE (ICA)DALAM BUKU THE COOPERATIVE PRINCIPLE KARANGAN P.E WEERAMAN
Koperasi adalah kumpulan orang – orang atau badan hukum yang bertujuan untuk perbaikan sosial ekonomi anggotanya dengan memenuhi kebutuhan anggotanya dengan jalan berusaha bersama saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya dengan cara membatasi keuntungan, usaha tersebut harus didasarkan atas prinsip – prinsip koperasi.

30.         KOPERASI MENURUT ILO (INTERNASIONAL LBOUR ORGANISASI)
Koperasi adalah suatu perkumpulan yang terdiri dari orang – orang umumnya yang ekonominya lemah yang secara sukarela menggabungkan diri untuk dimana masing – masing anggota secara ikhlas turut memberikan mencapai suatu tujuan bersama dalam bidang perkoperasian dengan jalan pembentukan perusahaan yang diawasi secara demokratis.

31.         KOPERASI MENURUT PENGERTIAN KOPERASI JERMAN TAHUN 1988
Koperasi adalah perkumpulan yang keanggotaannya tidak tertutup yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan aktifitas ekonomi anggotanya dengan jalan menyelenggarakan usaha bersama.



32.         KOPERASI MENURUT PERSERIKATAN BURUH SEDUNIA
Koperasi adalah merupakan suatu perkumpulan dari masyarakat yang terbatas, yang mana ia bersuka rela bekerja sama untuk mendapatkan atau mencapai ekonomi bersama dan ini timbul melalui adanya formasi atau pembentukan dari organisasi bisnis yang berkontrol secara demokratis, menumbuhkan organisasi bisnis yang adil sesuai dengan kehendak dan menerima laba atau resiko dan keuntungan yang diambil.

33.         KOPERASI MENURUT PSAK NO. 27 1999 (REVISI 1998)
Koperasi adalah badan usaha yang berorganisir pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya ekonomi para anggotanya atas dasar prinsip – prinsip koperasi dan kaidah – kaidah usaha ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dengan demikian koperasi merupakan gerakan ekonomi dan seko guru perekonomian nasional.

34.         KOPERASI MENURUT IVANT EMILIANNOFT
Koperasi adalah organisasi masyarakat sebab hubungan antara anggota dengan anggota dalam koperasi merupakan usaha bersama (joint venture) berbeda dengan hubungan antara suatu badan usaha dengan pasar.
Koperasi adalah Organisai sukarela, terbuka kepada semua orang yang dapat melayani dan mau menerima tanggung jawab keanggotaan, tanpa membedakan jenis kelamin, sosial, suku, politik atau agama.

35.         KOPERASI MENURUT Ir. TEKO SOEMODIWRIYO
Koperasi adalah suatu perkumpulan yang memungkinkan beberapa orang atau badan dengan jalan kerjasama dasar sukarela, serta hak dan tanggung jawab yang sama menyelenggarakan usaha – usaha produksi, pembelian atau penjualan barang atau jasa untuk kepentingan anggota.

36.         KOPERASI MENURUT PROF. PAUL ROY
Koperasi adalah sebagai alat pengukur perkembangan ekonomi system kapitalisme yang dalam usahanya koperasi tidak dapat melepaskan dirinya dari system ekonomi tempat dia tumbuh.

37.         KOPERASI MENURUT MOHAMMAD HATTA
Koperasi adalah perkumpulan kerjasama dalam mencapai suatu tujuan. Dalam koperasi tidak ada sebagian anggota bekerja sebagian memeluk tangan, semuanya sama – sama bekerja untuk mencapai tujuan bersama.



38.         KOPERASI MENURUT CALVER
Koperasi adalah organisasi orang – orang yang hasratnya dilakukan secara sukarela sebagai manusia atas dasar kesamaan untuk mencapai tujuan ekonomi masing – masing.

39.         KOPERASI MENURUT Drs. A. CHANIAGO
Koperasi adalah suatu perkumpulan yang beranggotakan orang – orang atau badan hukum yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota dengan cara bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggota.

40.         KOPERASI MENURUT BAPAK MARGONO DJOJOHADI KOESDEMO
Koperasi adalah suatu perkumpulan manuasia seorang – seorang dengan sukanya hendak bekerja sama untuk memajukan ekonomi.

2 comments: